TINGGALKAN JEJAK KUNJUNGAN SOBAT DENGAN KOMENTAR SAHABAT. TERIMA KASIH....

Jumat, 30 Oktober 2009

Sejarah Handphone / ponsel

Pada awalnya, radio dua arah (dikenal sebagai mobile rigs) yang digunakan dalam kendaraan seperti taksi, mobil polisi, ambulans, dan sejenisnya, tapi bukan ponsel karena mereka biasanya tidak terhubung ke jaringan telepon. Pengguna tidak dapat menghubungi nomor telepon dari kendaraan mereka. Komunitas besar pengguna radio mobile, yang dikenal sebagai mobileers, mempopulerkan teknologi yang pada akhirnya menjadi cikal bakal telepon selular. Awalnya, mobile radio dua arah secara permanen dipasang dalam kendaraan, namun versi selanjutnya disebut transportables atau "tas telepon" yang dilengkapi dengan steker pemantik rokok, sehingga dapat digunakan sebagai salah satu mobile atau sebagai portable radio dua arah.
Pada awal 1940-an, Motorola mengembangkan backpacked radio dua arah, yaitu Walkie-Talkie dan kemudian dikembangkan lebih banyak lagi sebagai telepon genggam radio dua arah bagi militer AS. Di dukung tenaga baterai ini "Handie-Talkie" (HT) seukuran lengan seorang laki-laki.


Pada tahun 1910 Lars Magnus Ericsson memasang telepon di mobilnya, walaupun bukan telepon radio. Selama perjalanan ke suatu negera, ia harus menggunakan sepasang kabel listrik panjang agar ia bisa terhubung ke jaringan telepon nasional.
Di Eropa, radio, telepon ini pertama kali digunakan pada kelas pertama kereta penumpang antara Berlin dan Hamburg pada tahun 1926. Pada saat yang sama, radio, telepon diperkenalkan pada pesawat penumpang untuk keamanan lalu lintas udara. Telephony radio kemudian diperkenalkan pada skala besar di tank Jerman selama Perang Dunia Kedua. Setelah perang polisi Jerman di zona pendudukan Inggris yang pertama kali digunakan tangki bekas peralatan telepon untuk menjalankan radio pertama mobil patroli. Pada awal tahun 1950-an kapal-kapal di Rhine merupakan yang pertama menggunakan telepon radio dengan pelanggan akhir yang tak terlatih sebagai pengguna.

Pada tahun 1946, insinyur Soviet G. Shapiro dan I. Zaharchenko berhasil menguji versi mereka ponsel radio yang dipasang di dalam mobil. Ponsel tersebut dapat tersambung ke jaringan telepon lokal dengan jangkauan hingga 20 kilometer.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar