TINGGALKAN JEJAK KUNJUNGAN SOBAT DENGAN KOMENTAR SAHABAT. TERIMA KASIH....

Jumat, 30 Oktober 2009

K.H. Shiddieq Amien Alami Koma


BANDUNG, (PR).-
Kondisi Ketua Umum Pimpinan Pusat Persatuan Islam (Persis) K.H. Drs. Shiddiq Amien yang dirawat di Intensive Care Unit (ICU) RS Al Islam Bandung dalam keadaan stabil namun koma. Shiddiq didiagnosis mengalami stroke. Saat ini, tim dokter yang menangani sedang melakukan observasi dan mengupayakan terapi lanjutan.

“Sekarang sedang diobservasi dan diupayakan terapi lanjutan, berupa pemberian obat-obatan dan monitoring ketat untuk mencegah atau mengurangi peningkatan tekanan tinggi di dalam otak,” ucap Wakil Direktur Pelayanan Medis RS Al Islam Bandung, dr. Rita Herawati, Sp.P.K., M.Kes., kepada “PR” di kantornya, Jln. Soekarno-Hatta Bandung.

Rita mengatakan, pasien dibawa ke Emergency RS Al Islam Bandung, Jumat (9/10) sore, dalam kondisi mengalami penurunan kesadaran. Dokter langsung melakukan pemeriksaan multislice computerized tomography scanner (MSCT). “Hasil pemeriksaan menunjukkan terjadi perdarahan pada otak kanan, sehingga pasien dirawat di ICU,” katanya.

Menurut Rita, hari Minggu (11/10), pasien mengalami perburukan kondisi sehingga dilakukan pemeriksaan ulang MSCT dan hasilnya perdarahan yang terjadi bertambah banyak serta ada penyumbatan cairan otak. Tim dokter kemudian memutuskan untuk melakukan operasi emergency. “Operasi dilakukan Senin, 12 Oktober 2009 pukul 2.00 WIB, operasi berjalan lancar,” ujarnya.

Tekanan otak

Sejak awal, lanjutnya, kondisi pasien sudah ada peninggian tekanan otak, tetapi tidak besar sehingga masih bisa ditangani melalui obat-obatan secara konservatif. “Seluruh proses terapi ini diputuskan bersama seluruh tim dokter. Di antaranya, tim ahli syaraf, ahli penyakit dalam, bedah syaraf, anastesi, dan intensifis,” ucapnya.

Sementara Endang dari Keluarga Besar H. Shiddiq Amien mengatakan, selama ini Pimpinan Pondok Pesantren Benda Tasikmalaya ini mempunyai tekanan darah tinggi, namun tidak sampai harus dirawat di rumah sakit.

Sejumlah alim ulama yang dihubungi “PR” merasa terkejut mendengar Ustaz Shiddiq terkena serangan stroke hingga membuat kondisinya koma. “Saya baru mendapatkan informasi karena masih berada di luar kota. Saya dan alim ulama se-Jawa Barat mendoakan agar Ustaz Shiddiq cepat pulih sehingga bisa kembali melayani dan membimbing umat,” tutur Ketua Umum MUI Jabar, K.H. Hafizh Utsman.

Ajakan doa untuk kesembuhan Ustaz Shiddieq juga disampaikan Ketua Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jabar K.H. Dadang Kahmad, Ketua PW Persatuan Umat Islam (PUI) Jabar K.H. Djadja Djahari, Ketua Umum PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jabar K.H. R. Maulany, Ketua PW Syarikat Islam K.H. Nandang Koswara, dan Ketua PW Mathlaul Anwar K.H. Fadhil Syamsuddin. (A-71/A-62)**

Tidak ada komentar:

Posting Komentar