TINGGALKAN JEJAK KUNJUNGAN SOBAT DENGAN KOMENTAR SAHABAT. TERIMA KASIH....

Minggu, 27 September 2009

TIPS Membuat SIM “Surat Ijin Mengemudi”

  1. Sobat fotokopi KTP rangkap dua, kalo ada SIM lama fotocopy juga. Kemudian menuju begian pendaftaran. Setelah itu anda diminta untuk cek kesehatan ke dokter yang ditunjuk.

  2. Setelah cek kesehatan (pengalaman penulis Mbayar Rp. 15 rb), sobat serahkan ke petugas pendaftaran. Kemudian sobat disuruh menunggu untuk tes tertulis. Ngomong-ngomong uji tertulis, sobat kudu menyelesaikan 30 soal dalam waktu 20 menit. Skor yang harus diperoleh minimal sobat harus bisa menjawab 18 nomor dengan benar. Mengenai materinya.. yang pasti tentang rambu-rambu lalu lintas (donlod disini!), banyak soal mengenai cara mengendarai ketika dipersimpangan dan marka jalan Ini tersirat kalo sobat memahami UU di bagian pasal tentang dipersimpangan atau PP 43 1993. tentang Undang-undang lalu lintas donlod sini!/PP 43 1993 (donlod disini!)

  3. Setelah itu sobat menunggu hasil tes, biasanya yang dipanggil petugas dan di beri selembar kertas, itu berarti sobat tidak lulus tes tulis dan harus mengulang, na..h kalo tidak di panggil berarti sobat telah lulus tahap pertama…

  4. Kalau sudah lulus, sobat akan dipanggil dan diberi pengarahan untuk menghadapi tes praktek. Disini sobat harus mengendarai motor dalam lintasan zig zag dan lintasan angka delapan tanpa menyentuh jalan. Motor yang dipake, kata pak polisi boleh menggunakan motor sobat tapi yang lengkap, plat nopol, spion, dan knalpot standar). Kalo sobat bisa melewatinya ini berarti anda sudah lulus (seperti penulis ini... ceile.....).

  5. Setelah itu sobat dipanggil untuk melakukan pembayaran (saat itu Rp. 75.000). kemudian ada formulir yang diisi.dan terakhir anda akan melakukan sesi pemotoan... jadi kalo bikin SIM yang rapih gitu kayak penulis ni.. hehehehe….
  6. Selesai deh… selamat punya SIM baru…

Syukurlah dalam pihak kepolisian sekarang sudah ada peningkatannya dalam pengurusan SIM, penulis juga punya kerabat di bagian pengurusan SIM tapi mohon maaf beribu maaf, tak bisa membantu). terima kasih pa Polisi. Jadi kalo gagal ya... belajar dulu deh.....

3 komentar:

  1. wahh...pengalaman pribadi yang kang.
    syukurlah klo sekarang para aparat itu tidak menjadi keparat lagi. btw link donlon nya ga jalan tuh, alias ga bisa di donlod.

    budak baong ALumni 3 IPS 4
    An, punten lebaran kamari teu mampir yeuh.
    fitra oge saurna teu kamana-mana nya ??
    makin hebat wae web na :P

    BalasHapus
  2. linknya betulin tuh tadinya mau gue download trus ngucapin makasih, ga jadi deh

    BalasHapus
  3. ok maaf nih...jadilupa ngedit lingnya..... dah sy btulin tuh....mudah2n bisa. tahnk sobat atas koreksinya

    BalasHapus