TINGGALKAN JEJAK KUNJUNGAN SOBAT DENGAN KOMENTAR SAHABAT. TERIMA KASIH....

Minggu, 27 September 2009

Perpanjangan STNK dan TNKB (siklus 5tahun)

Tidak beda jauh dengan pajak tahunan biasa, kalau yang ini prosedurnya sebagai berikut:
  • Fotocopy STNK, KTP pemilik, BPKB. Supaya ga bolak balik mendingan sobat buat rangkap 2 aja..
  • Kali ini sobat jangan langsung ke loket pendaftaran. Menurut pengalaman saya, dah lama ngantri di loket pendaftaran ..eh... malah di suruh cek fisik dulu....( jadi boros waktu nih..maklum pengalaman pertama kan ga tahu...). jadi sobat harus menuju bagian cek fisik dulu untuk gesek nomor rangka dan mesin. Serahkan fotocopiannya ke petugas. Di catat dulu gitu.. lalu temui petugas gesek. Disini sobat sebenarnya ga dipungut biaya.. tapi kadang suka minta ongkos bongkarnya katanya.... kasih aja 2 ribuan toh ama dia ga bakal dihitung dulu langsung slup ke saku... heheheheh..
  • Habis digesek, sobat balik lagi ke bagian cek fisik untuk minta tanda tangan artis.. eh.. petugas maksudnya… Gratis lho…nah..disini suka ada orang yang mo bantu ngurus2. yang ini ”ap tu yu.....”
  • Saatnya sobat menuju loket pendaptaran. Sobat serahkan berkas-berkas tadi + STNK dan KTP asli. Nanti sobat akan diberikan formulir isian yang mencakup jenis/type motor, no rangka dan sebagainya....
  • Setelah sobat isi, masukan ke dalam map yang tersedia dan serahkan ke bagian berkas pendaftaran input data.
  • Kali ini sobat duduk manis dulu ya. .tunggu ± 1,5 jam tuk menunggu panggilan pembayaran pajak. Berikan pada petugas Fotocopy STNK nya….Ingat biasanya pembayaran sesuai dengan nota pada STNK ko….
  • Setelah melakukan pembayaran sobat harus nunggu lagi ± 0,5 - 1 jam untuk mengambil STNK Baru…..jadi bukti lunas nanti anda serahkan.
  • Setelah sobat ngambil STNK, kali ini jangan pulang dulu… sobat diminta menuju bagian TNKB tuk ngambil resi plat nomor kendaraan baru. Kali ini sobat harus nunggu ± 2 minggu kalo sobat ingin dapatkan plat nopol dai polisi. Tuk sementara sobat bisa buat dulu ke tukang pembuatan plat nopol, yang penting sesuai dengan UU. Kalo ga… bisa-bisa kena tilang….

Untuk balik nama (BBN) tidak berbeda jauh dengan mengurus motor siklus 5 tahunan. Sobat harus menyerahkan BPKB Asli dan KTP pemilik yang baru. Ditambah sobat harus menyediakan 2 kuitansi pembelian sepeda motor berisi harga, no rangka/mesin dan tanda tangan penjual di atas materai.
Dan di bagian akhir setelah stnk sobat terima, sobat harus mengambil NTKB dan BPKB. Pengurusan BBN lebih lama, pengalaman saya ± 3-4 jam setelah menyerahkan berkas-berkas, sebelum melakukan pembayaran. Jadi kalo sobat ingin sabar dan menempuh prosedur yang ada, sobat hanya mengeluarkan uang sesuai dengan yang tercantum di STNK. Kecuali pakai jalan tikus….hehehehehe.
Selamat mencoba... jangan lupa isi deh saran ato komentarnya......
Semoga bermanfaat!!

1 komentar:

  1. thanx ya. gw sedang cari2 info ttg ini. alhamdulillah ini bermanfaat bwt gw. tengkyuh..

    BalasHapus